August 15, 2022

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Tips Cerdas Memilih Printer Terbaik Buat Pelajar

Pelajar milenial beda jauh dengan zaman dulu. Jika puluhan tahun lalu kamu hanya akan mendengarkan penjelasan dari guru di kelas, sekarang peranmu lebih banyak karena dituntut aktif dan mandiri dalam menuntut ilmu. Salah satunya adalah ketika kamu diminta membuat laporan dari percobaan yang kamu buat atau menyusun makalah dari hasil analisa terhadap suatu masalah. Untuk memudahkan kamu menyelesaikan berbagai tugas ini akan lebih baik jika punya printer sendiri di rumah yang siap pakai kapanpun membutuhkan. Apalagi sekarang, harga printer juga bervariasi jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaran yang kamu punya. Supaya bisa mendapatkan printer yang sesuai kebutuhan dengan harga pas di kantong dan minim biaya perawatan, coba lakukan tips di bawah ini:

  • Pertimbangkan merek

Hal pertama yang musti kamu pikirkan ketika ingin membeli printer adalah mereknya. Masing-masing merek membawa keunggulannya sendiri yang menjadi bahan perbandingan. Namun, jika ingin mendapatkan produk dengan daya tahan dan spesifikasi jempolan, jangan ragu memilih Canon. Printer Canon memberikan banyak kelebihan yang bukan hanya isapan jempol karena sudah dibuktikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Reputasi merek yang bagus menjadi bukti bahwa Canon tidak main-main dalam mendesain printernya sehingga dapat memenuhi kebutuhanmu. Menariknya, Canon sebagai merek besar juga tidak sombong dengan hanya menyediakan printer premium. Di pasaran kamu bisa menemukan berbagai jenis printer Canon dengan spek dan fitur yang disesuaikan dengan harga. Misalnya saja untuk printer standar tanpa  fungsi fotokopi dan pemindai, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 700 ribuan.

  • Cek harga di pasaran

Tips selanjutnya untuk mendapatkan printer sesuai dengan kebutuhanmu adalah dengan memertimbangkan harga. Apa gunanya mengincar produk dengan spek tinggi dan canggih jika tidak bisa membelinya saat membutuhkan? Untuk itu, pastikan harga printer Canon yang kamu pilih sesuai dengan kondisi kantong. Kabar baiknya adalah Canon adalah merek dengan dedikasi tinggi pada semua produknya. Walaupun kamu memilih printer dengan harga di bawah 1 jutaan, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Satu hal yang perlu diingat, pastikan harga printer yang kamu bayarkan itu sudah mencakup garansi resmi dari pabrik. Sistem garansi ini sering menjadi permainan di kalangan penjual dimana printer dengan dan tanpa garansi dibanderol dengan harga berbeda. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan kepadamu adalah harga final sesudah garansi demi menjamin pelayanan pelanggan yang baik pasca pembelian.

Perhatikan spek dan fitur

Spek dan fitur tinggi memang menggiurkan. Namun, jangan sampai semua kelebihan tersebut terbuang sia-sia karena ternyata kamu tidak membutuhkankannya dalam penggunaan sehari-hari. Itulah sebabnya, sebelum membeli pastikan dulu spek dan fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhanmu dan juga anggaran yang kamu punya.

Seperti yang diketahui, spek dan fitur berbanding lurus dengan harganya. Semakin tinggi spesifikasi atau semakin canggih sebuah printer maka harganya sudah pasti lebih mahal dibandingkan dengan printer standar. Jangan sampai kamu membayar mahal untuk fitur yang ternyata jarang atau bahkan tidak pernah dipakai. Kalau kamu banyak menggunakan printer hanya untuk mencetak dokumen, maka tipe standar akan lebih cocok daripada all in one kendati lebih modern. Membeli barang sebaiknya sesuai dengan yang kamu perlukan, bukan?

Pertimbangkan perawatannya

Beberapa jenis printer memiliki perawatan yang lebih rumit daripada dengan yang lain. Misalnya saja harus sering mengganti tinta, tidak boleh terlalu lama menyala dan lain sebagainya. Jika diabaikan, bukan tidak mungkin printer jadi rusak bahkan di masa pemakaian yang lebih sebentar. Jika tidak memiliki garansi kamu harus mengeluarkan uang lagi yang berarti pengeluaran yang membengkak. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui dulu perawatan apa yang diperlukan oleh printer incaranmu supaya tidak kaget jika di kemudian hari ada pengeluaran untuk perbaikan dan perawatan. 

Harga printer Canon yang bervariasi membantu kamu menentukan pilihan. Pastikan printer yang dipilih memiliki garansi resmi untuk melindungi kamu dari biaya perbaikan di awal penggunaan. Untung-untung jika toko tempatmu membeli juga memberikan garansi toko sehingga layanan purnajual yang kamu dapatkan lebih optimal.