April 13, 2024

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Tahapan Dalam Strategi Problem Solving yang Bisa Diterapkan

Setiap orang pada dasarnya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah atau strategi problem solving, karena hidup di dunia ini pastinya tidak akan terlepas dari adanya masalah. Namun memang jenis masalah yang dihadapi oleh setiap orang pastinya akan berbeda-beda, ada permasalahan yang berat, namun juga ada yang sifatnya ringan. Masalah ini juga bukan sesuatu yang harus dihindari, apalagi jika sudah berhubungan dengan dunia kerja, tentunya harus dihadapi secara profesional.

Problem solving ini merupakan sebuah kemampuan esensial yang harus dikuasai oleh siapa saja. Namun terkadang sulit untuk bisa membantu kemampuan tersebut. Karena banyak hal yang berperan di dalamnya, mulai dari pikiran sampai dengan perasaan juga bisa menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi seseorang untuk bisa mengambil keputusan secara tepat. Meskipun banyak orang yang sadar bahwa kemampuan yang satu ini penting dimiliki, namun jarang yang tahu mengenai teknik serta strategi dalam penguasaannya.

Itulah mengapa tidak jarang diantaranya yang ikut pelatihan untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka tentang problem solving ini. Sebenarnya strategi problem solving ini sendiri dapat diterapkan melalui beberapa langkah atau tahapan berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi, Anda tidak akan pernah bisa menyelesaikan sebuah masalah, jika tidak tahu masalah apakah yang sedang dihadapi tersebut. sehingga kunci utama yang penting dilakukan adalah tahu terlebih dahulu, yaitu dapat mengidentifikasi apa masalahnya. Langkah-langkah identifikasi ini bisa dengan menjawab beberapa pertanyaan, seperti diantaranya adalah penyebab dari masalah tersebut, jenis masalah seperti apa yang harus diselesaikan serta apa dampak yang bisa ditimbulkan dari masalah tersebut.
  2. Mengumpulkan informasi dan lakukan analisa, langkah selanjutnya yang dapat diambil ketika Anda sudah mengidentifikasi masalah tersebut yaitu dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, tentunya yang relate dengan masalah. Anda dapat melakukannya dengan cara riset, konsultasi dengan expert maupun juga melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya saat menyelesaikan masalah ini. Semua informasi yang telah terkumpul tersebut nantinya bisa segera Anda lakukan analisa. Tujuan dari analisa ini adalah untuk memahami konteks dari masalah dan faktor-faktor penyebabnya. Nantinya Anda busa berfikir secara kritis dan lebih solutif.
  3. Membuat solusi alternatif, selanjutnya setelah dilakukan analisa maka bisa dilanjutkan dengan pembuatan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya jangan hanya terpaku atau mengandalkan satu solusi saja, melainkan alangkah baiknya punya beberapa solusi cadangan juga. Karena dengan satu solusi atau jalan keluar tersebut belum tentu dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi, sehingga harus punya cadangan alternatif solusi yang lainnya. Jangan lupa untuk melibatkan kreativitas serta analisis yang tepat untuk penyelesaiannya.
  4. Melakukan evaluasi untuk menemukan solusi terbaik, dari beberapa solusi yang sudah Anda buat sebelumnya, maka mulai dianalisis apa kelebihan serta kekurangan yang akan didapatkan dengan memakai setiap solusi tersebut. Karena sudah pasti antara satu solusi dengan yang lain akan ada plus minusnya masing-masing, tahap penilaian ini digunakan agar nantinya Anda dapat memilih manakah solusi yang paling tepat.
  5. Menyusun action plan, setelah memilih manakah solusi terbaiknya, selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memilih action plan yaitu rencana aksi yang digunakan untuk menerapkan solusinya. Breakdown terlebih dahulu step by step tersebut.
  6. Mulai menjalankan solusi tersebut, setelah semua persiapan siap atau rampung, maka di dalam tahapan akhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menjalankannya. Pastikan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya, maka semuanya bisa dijalankan dengan baik, lihat bagaimana progress tersebut dijalankan.
  7. Melakukan evaluasi dari hasil implementasinya, langkah terakhir yang dapat dijalankan adalah dengan mulai mengevaluasi hasil dari penyelesaian masalah tersebut, apakah sudah sesuai dengan target yang diharapkan ataukah belum. Jika ternyata tidak berjalan dengan baik maka bisa segera diganti dengan solusi alternatif lainnya.

Belajar lebih banyak tentang strategi problem solving  ini caranya adalah dengan ikut program pelatihan yang ditawarkan oleh Prasmul-ELI, kelas pelatihannya tersedia secara langsung maupun online yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, sehingga tidak perlu khawatir.