July 5, 2022

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Pengertian Printer dan Fungsinya

Dalam kehidupan sehari-hari, printer sangat berguna dalam mengubah teks menjadi bentuk grafik yang dapat dicetak dan digunakan untuk menghasilkan pendapatan tambahan seperti yang dilakukan pemilik fotokopi. Pada awalnya, printer hanya dibuat untuk mencetak dokumen, dan hanya bisa mencetak dalam format warna hitam putih. Berbeda dengan sekarang, saat ini printer sudah berkembang pesat dimana banyak jenis printer yang bermunculan seperti printer yang bisa scan dan copy.

Printer merupakan mesin elektronik yang berfungsi untuk mencetak dokumen/foto dari komputer atau bahkan smartphone. Sekarang ini, kita dapat dengan mudah menemukan printer, contohnya seperti di perkantoran, sekolah, warnet, dan tempat lainnya. 

Fungsi utamanya adalah untuk mencetak teks yang masih berupa digital menjadi bentuk fisik di atas kertas. Perkembangan teknologi yang semakin canggih semakin menciptakan sebuah alat yang tidak hanya memiliki fungsi yang canggih saja tetapi juga multifungsi. Apabila dulu, kehadiran printer hanya sekedar untuk mencetak teks dari komputer, kini printer memiliki fitur lain yang tak kalah menarik dengan media elektronik lainnya.

Dari sekian banyak jenis printer, setidaknya ada 2 kategori yang perlu kita ketahui: printer fungsi tunggal dan printer multifungsi. Sesuai dengan namanya, printer fungsi tunggal hanya memiliki 1 fungsi saja yaitu mencetak dokumen. Printer fungsi tunggal cenderung jauh lebih murah daripada printer multifungsi karena hanya melakukan satu pekerjaan yaitu mencetak. Baik printer fungsi tunggal maupun multifungsi tentunya memiliki range harga printer yang bervariasi.

Sebenarnya, jika ditelusuri secara historis, printer berbasis tinta telah ada sejak tahun 1600-an. Perusahaan komersial dan surat kabar di tahun 1860-an sudah menggunakan printer berbasis tinta besar dalam kegiatan mereka, dan sekarang kita bisa melihat di pasaran ada banyak kategori printer, misalnya printer inkjet, printer laser dan inktank.

Secara umum, printer inkjet dikenal dengan kualitas cetakan yang cukup baik dengan harga yang terjangkau. Printer inkjet terutama digunakan saat mencetak foto. Printer inkjet menggunakan tinta untuk mencetak, tetapi tidak semua tinta dibuat sama. Ada tinta dye based, dan ada tinta pigmented. Sementara itu, printer laser adalah printer yang mengaplikasikan toner ke dalam kertas. Toner yang digunakan berupa serbuk yang harus disegel pada kertas menggunakan sepasang rol yang disebut sebagai fuser roller. Rol ini dipanaskan hingga mampu melelehkan toner ke atas kertas.

Perbedaan antara Printer Laser dan printer inkjet adalah kecepatan dan kualitas, yang digambarkan dalam PPM atau Pages per Minute (halaman per menit.) PPM adalah jumlah cetakan hitam putih yang dapat dihasilkan printer tanpa henti. Rata-rata, printer laser dapat mencetak 30 hingga 40 halaman dalam satu menit, sedangkan printer inkjet hanya dapat mencetak 13 hingga 15 halaman per menit. Semakin tinggi kualitas dan semakin banyak fitur yang dimiliki, tentunya harga printer juga semakin mahal. Namun, apapun pilihanmu, pastikan untuk membelinya di toko resmi agar mendapatkan garansi yang sesuai.