December 4, 2021

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Olahan Makanan Tepat untuk Anak Diare Supaya Terhindar dari Dehidrasi

Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi penting yang bisa membantu kamu untuk mencari tahu makanan atau olahan yang tepat bagi anak yang sedang terkena diare, Yuk kita mulai bahas saja.

Siapa saja pasti pernah mengalami yang namanya diare. Tidak peduli anak-anak atau orang dewasa sekalipun semua pernah mengalami masalah diare. Karena memang diare bisa menyerang siapa saja dan tidak pandang usia. 

Diare juga merupakan salah satu penyakit yang bukan tergolong sebagai penyakit kronis dan berbahaya, namun meski demikian Kamu jangan anggap diare adalah penyakit yang biasa saja. Karena jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka dampaknya juga akan sangat buruk dan bisa berakibat fatal serta membahayakan nyawa. 

Baik pada anak-anak atau orang dewasa sekalipun, jika diare dibiarkan secara terus menerus maka dehidrasi tidak bisa dihindarkan lagi. Dan jika dehidrasi sudah menyerang maka harus segera mendapatkan pertolongan medis karena dampaknya sangat buruk untuk kesehatan. 

Sebenarnya ada banyak sekali jenis cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari diare baik anak-anak atau orang dewasa. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. Dan jika anak Kamu terserang diare maka di bawah ini olahan makanan tepat untuk anak diare

  • Air putih 

Karena ketika anak-anak kita terserang diare, maka tubuhnya akan sangat banyak mengeluarkan banyak cairan dan jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus maka dampaknya bisa terjadi dehidrasi. Maka salah satu contoh konsumsi yang bagus untuk anak-anak ketika terserang diare adalah dengan konsumsi air putih. Akan tetapi ada satu hal yang sangat penting untuk Kamu perhatikan yakni pastikan bahwa air putih yang akan Kamu berikan untuk anak-anak tadi steril dan bebas dari kontaminasi virus atau bakteri. 

  • Kentang rebus 

Tahukah Kamu bahwa ternyata kentang rebus juga sangat bermanfaat untuk mengembalikan tenaga anak dan mampu untuk menghindarkan anak dari masalah dehidrasi. Jadi adanya kandungan saripati yang dimiliki oleh kentang tersebut nantinya akan sangat membantu anak untuk membuat fesesnya menjadi lebih padat. Dengan begitu tubuh bisa menjadi lebih cepat sembuh dan cairan yang keluar juga lebih sedikit dan dehidrasi bisa terhindarkan. 

  • Pisang 

Buah satu ini juga merupakan salah satu contoh makanan yang sangat bagus untuk diberikan pada anak yang terserang diare. Karena pisang banyak mengandung kandungan zat besi dan zinc serta kalium yang sangat bagus untuk mengembalikan mineral dalam tubuh anak yang hilang karena diare. Pisang juga merupakan salah satu buah yang sangat bagus untuk mencegah dehidrasi karena terserang diare. Dan selain itu, pisang juga sangat bagus untuk mengembalikan kekuatan tubuh anak yang hilang karena diare. 

  • Jus wortel 

Jika kebanyakan orang Indonesia menilai bahwa wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bagus untuk mata, namun ternyata wortel juga sangat cocok untuk diberikan pada anak-anak yang usianya sudah di atas 1 tahun. 

Karena wortel punya banyak kandungan beta karoten yang sangat bagus untuk membantu dan meningkatkan imun pada tubuh anak. namun satu hal penting yang harus Kamu simak dengan baik-baik bahwa meski wortel bagus untuk tubuh, namun konsumsi wortel juga tidak boleh terlalu berlebihan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat terserang diare, biasanya anak-anak memang akan kehilangan nafsu makanya sehingga tubuh mereka akan sangat lemas dan bahkan tidak punya tenaga sama sekali. belum lagi nanti karena kehilangan banyak cairan pada tubuh maka dehidrasi tidak bisa dihindarkan. 

Jika diare pada anak sudah terjadi coba berikan obat diare yang mampu mengatasinya misalnya saja seperti entrostop herbal anak, obat diare tersebut terbuat dari bahan alami dan bisa mengatasi gejala – gejala diare dan mengurangi frekuensi untuk buang air besar bagi anak.

Namun jika Kamu sudah memberikan makanan tepat untuk anak diare serta obat yang sudah disebutkan di atas namun diare anak tidak kunjung membaik, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih tepat. 

Sekian Informasi ini saya berikan semoga bermanfaat untuk anak kamu yang sedang mengalami diare, dan terima kasih sudah membaca sampai selesai sampai jumpa lagi dilain kesempatan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan keluarga.