October 22, 2021

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Mengganti Lampu LED Mobil Tidak Sulit, Kok. Berikut Penjelasannya

Menggunakan lampu LED mobil sebagai lampu utama memang belum lazim di negara kita. Namun jika Anda ingin mencobanya tentu sah-sah saja. Karena LED mobil lebih hemat energi dan lebih terang.

Cara Mengganti Lampu LED Mobil

Sebenarnya Anda bisa ke bengkel terdekat untuk mengganti LED mobil Anda. Namun tentu akan memakan biaya. Jika bisa melakukannya sendiri, kenapa tidak?

Berikut adalah step by step penggantian lampu utama mobil Anda ke lampu LED.

Kenali Tipe Lampu Mobil Anda

Masing-masing mobil memiliki tipe lampu utama yang berbeda. Caranya adalah dengan mencocokkan adaptor dan soket lampu utama mobil Anda dengan lampu LED mobil yang ingin Anda pasang.

Jenis lampu dibedakan dengan kode angka dan huruf. Di negeri kita umumnya lampu utama menggunakan lampu H4 dan H7. Sedangkan lampu jenis H1, H3, H8, H9, atau H11 digunakan untuk lampu kabut.

Setelah menemukan tipe yang pas, Anda juga harus memilih lampu yang cocok harganya di kantong. Anda bisa melakukan survey harga melalui marketplace atau toko online.

Harga lampu LED di pasaran beragam, tergantung jenis dan merknya. Biasanya berkisar antara Rp 600 ribuan hingga Rp2 jutaan.

Lepaskan Lampu yang Lama dari Tempatnya

Jika ingin mengganti lampu, tentu harus mencopot dahulu lampu yang lama. Caranya, melepaskan soket kabel lampu tersebut. Lalu lepas karet penutup lampu, di dalamnya ada lampu yang masih terlindung kawat pengait. Tekan kawat untuk membukanya barulah lampu bisa dilepas.

Pasang Dahulu Adaptor Lampu LED

Anda tidak bisa langsung memasang lampu LED ke tempatnya. Lepaskan dahulu adaptor lampunya dengan cara memutar ke arah kiri. Angkat dan lepaskan adaptor dari lampu LED. Adaptor dipasang terlebih dahulu ke rumah lampu mobil.

Masukkan Lampu Setelah Memasang Karet Penutupnya 

Setelah Anda memasang adaptor kaki lampu ke rumah lampu mobil, maka pasang karet penutup lampunya. Setelah itu Anda bisa memasang lampu LED dengan cara menekan dan memutar ke arah kanan hingga ketat.

Sambungkan Soket Lampu LED

Langkah terakhir adalah menyambungkan soket LED mobil dengan soket kabel lampu. Kemudian lapisi dengan isolasi pada soket dan rapikan kabel yang menjuntai. Tujuannya agar terlihat rapi dan lebih terlindungi.

Demikian cara mudah mengganti lampu LED mobil sendiri. Hemat biaya karena Anda tidak perlu ke bengkel, bukan? Selamat mencoba.