December 4, 2021

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Kenali Gejala dan Penyebab Anemia pada Ibu Hamil!

Kebutuhan nutrisi antara orang normal dengan Ibu hamil sangat berbeda. Tentunya, Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi. Hanya saja, kondisi seperti ini sering diabaikan sehingga banyak gangguan yang mudah menyerangnya. Contohnya adalah gangguan Anemia. Lalu, apa saja gejala dan penyebab Anemia pada Ibu hamil? Yuk, simak!

Gejala Anemia di masa kehamilan

Ibu hamil yang menderita Anemia sering kali tidak menyadari gejalanya. Ini karena gejala awalnya tergolong ringan. Namun, lambat laun, gejala tersebut akan bertambah dan semakin buruk. 

Maka, Anda harus memahami apa saja gejala anemia agar Anda bisa mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Berikut adalah beberapa gejalanya: 

  • Kelelahan atau lesu
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Kuku, bibir, dan kulit tampak pucat
  • Jantung berdetak cepat dan tidak teratur
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kaki dan tangan terasa dingin

Penyebab Anemia di masa kehamilan

Setelah mengetahui gejalanya, Anda pun harus mengetahui apa saja faktor atau penyebab Anemia pada Ibu hamil. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih waspada dan melakukan pencegahan di kemudian hari. Ok, langsung saja simak penjelasannya!

Kekurangan zat besi

Salah satu penyebab terjadinya anemia di masa kehamilan adalah kekurangan zat besi. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi hemoglobin tidak bisa maksimal. 

Padahal, Hemoglobin mempunyai peran penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Jika ini terjadi, jaringan yang ada di dalam tubuh pun akan kekurangan oksigen. 

Kekurangan Folat

Sebenarnya, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak Folat. Namun, tidak semuanya memperhatikan dan bahkan mengabaikannya. Tubuh sangat membutuhkan Folat baik di masa kehamilan ataupun tidak. Folat dapat membentuk sel baru dalam tubuh seperti sel darah merah.

Jika Ibu hamil tidak memiliki cukup Folat, maka tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah dengan maksimal. Hal ini bisa mengakibatkan komplikasi ataupun kecacatan lahir pada janin. Contohnya adalah BB rendah dan Spina Bifida (tabung saraf).

Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini akan membantu pembentukan sel darah yang baik dan sehat. Jika kebutuhan akan B12 pada wanita hamil kurang tercukupi, sel darah merah yang diproduksi sangat rendah dan kurang sehat. Bahkan, hal ini bisa menjadi peluang besar bagi Ibu hamil untuk melahirkan bayi prematur. 

Well, itulah gejala dan penyebab Anemia pada Ibu hamil. Dengan mengetahui gejala dan penyebabnya, sebagai Ibu hamil, Anda harus lebih waspada dan siaga. Ini pun demi kesehatan janin yang ada dalam kandungan.