February 28, 2024

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Intip Tren Cincin Tunangan yang Unik di Setiap Masa

Penggunaan cincin untuk pertunangan sudah ada sejak zaman kuno. Berdasarkan sejarah yang tercatat, cincin tunangan pertama kali dipakai oleh Romawi Kuno sekitar abad ke-2 SM. Setelah itu, banyak bangsa lainnya yang kemudian menjadikan cincin sebagai tradisi pada acara pertunangan. Hingga sampai ke Indonesia yang saat ini juga menjadikan cincin sebagai tradisi.

Dari masa Romawi Kuno sampai sekarang, selalu ada tren yang berkembang di masyarakat. Anda bisa menjadikan tren di masa lalu sebagai inspirasi membuat cincin tunangan terbaru. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

Tahun 1950-an

Dimulai dari tahun 1950-an yang sudah mengalami perkembangan model cukup pesat. Di masa ini, ada banyak sekali perhiasan kekinian yang bisa Anda temukan di pasaran. Ternyata pada sekitar tahun 1950-an ini mulailah populer logam rose gold dan yellow gold. Pasalnya ada banyak pasangan yang memakainya. Sementara desain rangka cincin yang populer adalah yang melengkung dengan round diamond sebagai center stone.

Tahun 1960-an

Beralih ke tahun 1960-an yang sudah tidak memakai round diamond seperti satu dekade sebelumnya. Pada masa ini, ada model yang dianggap lebih kekinian dan menarik. Beberapa contohnya yaitu emerald, pear, dan marquise diamond. Sementara logam yang paling populer di tahun tersebut adalah platinum.

Tahun 1970-an

Berbeda tahun, maka berbeda pula cincin tunangan yang populer. Di tahun 1960-an, channel setting ring merupakan cincin yang paling populer untuk pertunangan. Ada dua strip logam yang setiap strip-nya memiliki deretan berlian megah. Biasanya cincin tersebut didampingi oleh cincin kawin.

Tahun 1980-an

Pada tahun 1980-an, cincin solitaire merupakan model cincin yang paling populer. Bahkan cincin tersebut bertahan dan disukai pasangan yang akan bertunangan sampai sekarang. Ciri khas cincin solitaire yaitu berbentuk simple dengan hiasan satu permata. Orang tua Anda mungkin ada yang memakainya sebagai cincin pertunangan.

Tahun 1990-an

Banyaknya bentuk potongan berlian membuat tren selalu berganti setiap masa. Sekitar tahun 1990-an, cincin dengan radiant cut diamond adalah yang paling populer untuk cincin tunangan. Radiant cut sendiri merupakan potongan berlian berbentuk persegi yang memiliki paviliun. Biasanya ada dua berlian berbentuk segitiga yang menyempurnakan cincin.

Tahun 2000-an

Bentuk potongan berlian yang populer di tahun 2000-an atau era millenium yaitu princess cut diamond. Berlian yang juga dikenal dengan nama square cut diamond ini memang tampak cantik disematkan pada cincin pertunangan. Agar semakin menarik, akan ditambahkan berlian-berlian kecil di sepanjang rangkanya.

Tahun 2010-an

Tahun 2010-an merupakan tahun yang sudah memasuki era modern. Oleh sebab itu, model yang populer adalah model-model unik dan mewah. Pada tahun 2010-an, cincin dengan model halo setting mengalami peningkatan popularitas. Di bagian tengahnya ada batu berwarna yang dikelilingi oleh berlian putih. Sangat cantik dan mempesona.  

Tahun 2020-an

Cincin tunangan terbaru pada tahun 2020-an pasti sangat menarik minat Anda. Cukup banyak model yang populer di tahun-tahun ini. Contohnya yaitu cincin three stone atau tiga batu berlian. Pasalnya cincin tersebut memiliki makna mendalam yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Itulah tren cincin untuk pertunangan yang berkembang dari masa ke masa. Sedang mencari tren cincin tunangan terbaru? Mondial Jeweler merupakan tempat yang tepat untuk menemukan cincin impian Anda. Selalu ada koleksi terbaru yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari kesan klasik sampai dengan modern dan kekinian. Semua koleksi cincin pertunangan yang ditawarkan bisa Anda lihat di media sosial, gerai resmi, atau website resmi.