June 14, 2021

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

Cukup Lihat dari Aplikasi WA Cara Mengetahui Data yang Dikumpulkan WhatsApp

Ini cara mengetahui data yang dikumpulkan WhatsApp dari penggunanya melalui aplikasi WA. Akhir akhir ini aplikasi perpesanan populer, WhatsApp disebut "mencuri" data pribadi pengguna dan mengirimkannya ke Facebook. Hal tersebut langsung dibantah secara tegas oleh WhatsApp.

Mereka tidak menampik bahwa perusahaan mengumpulkan data pengguna. Namun, bukan data pribadi, seperti isi pesan yang dikumpulkan dan dikirim ke Facebook. Data yang dimaksud oleh WhatsApp adalah metadata pengguna yang bertujuan untuk mengembangkan layanan.

WhatsApp sendiri sebenarnya memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui data apa saja yang dikumpulkan WhatsApp. Nah, kali ini Nextren akan membagikan cara melihat data yang dikumpulkan WhatsApp. Mau tahu bagaimana langkah langkahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Untuk bisa melihat data apa saja yang dikumpulkan oleh WhatsApp, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun. Cukup memanfaatkan fitur bawaan yang ada dengan mengikuti langkah langkah yang tepat. Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Kemudian, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar dan pilih opsi Settings. Setelah masuk ke menu Settings, kamu bisa memilih opsi Account yang ada di urutan paling atas. Kemudian pilih opsi menu Request account info yang terletak di urutan bawah menu Account.

Usai berada di dalam menu Request account info, klik opsi Request report. Proses permintaan laporan data WhatsApp ini memakan waktu kurang lebih 3 hari. Pengguna bisa mengetahui kapan laporan data tersedia, setelah meng klik opsi Request report tadi.

Ketika hasil laporan sudah tersedia, pengguna dapat kembali ke menu Reques account info dan mengunduhnya. Agar proses pengumpulan laporan tidak mengalami kendala, ada dua hal yang tidak boleh dilakukan pengguna. Kedua hal yang dimaksud adalah mengganti nomer akun WhatsApp dan menghapus akun WhatsApp.

Jika salah satu dari hal itu dilakukan, maka permintaan laporan data akan otomatis dibatalkan. Permintaan laporan data hanya bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp mobile saja. Pengguna tidak bisa mengajukan permintaan melalu WhatsApp Web.

Itulah cara melihat data apa saja yang dikumpulkan WhatsApp. Mudah bukan? Selamat mencoba!