February 22, 2024

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

86 Subtema 2 Pembelajaran 5 85 84 Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 SD Halaman 83

Simak kunci jawaban dan pembahasan Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 SD Subtema 2, halaman 83, 84, 85, 86 berikut ini. Buku Tematik untuk kelas 6 SD/MI Tema 8 berisi tentang materi Kondisi Gerhana Bulan. Pada Tema 8 Kelas 6 yang dibahas berikut ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018.

Berikut kunci jawaban dan pembahasan materi Subtema 2 Pembelajaran 5 Buku Tematik Kelas 6 tentang Gerhana Bulan. Buatlah kartu informasi yang memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan! Bekerjalah bersama temanmu. Gunakan bacaan yang telah kamu baca sebagai salah satu sumber informasi. Kamu dapat menggunakan sumber sumber informasi lainnya.

Gerakan Bulan Berputar pada porosnya Gerakannya mengitari Bumi

Gerakan bulan mengelilingi bumi selama satu bulan Gerakan bulan mengelilingi bumi adalah dari arah barat ke arah timur Gerhana Bulan

Gerhana Bulan hanya terjadi pada pada malam hari Terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus Bumi ada di antara Bulan dan Matahari

Bayang bayang Bumi ada dua macam, yaitu Umbra dan Penumbra Gerhana Bulan ada dua macam, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan "Peristiwa Gerhana Bulan" Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari.

Lalu, anggota Kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya. Bagaimana tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang Gelap? Bola tenis/Bulan tampak gelap.

Bersama dengan anggota kelompok, diskusikan hal hal di bawah ini. A. Gambarkan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadinya gerhana bulan sesuai dengan kegiatan di atas! B. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan?

Terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari C. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan? Jelaskan! Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda beda. Berikut penjelasannya :

Kawasan Asia Kawasan Asia sangat dekat dengan garis ekuator dan samudra Pasifik, gerhana bulan hampir dapat seluruhnya disaksikan disaksikan di negara Asia, terutama negara yang dilalui garis ekuator seperti Indonesia. Kawasan Eropa

Kawasan Eropa hampir seluruhnya dapat menyaksikan gerhana bulan, begitu pun dengan gerhana matahari Kawasan Australia Gerhana bulan dipastikan tidak dapat terlihat di seluruh wilayah Australia secara bersamaan.

Kawasan Antartika Pada kutub utara, gerhana bulan dapat terjadi tanpa mengenal batasan siang dan malam. Selain itu juga tanpa dibatasi terbit dan tenggelamnya bulan. Kawasan Afrika

Letak dari benua Afrika yang menjauh dari garis ekuator membuat kawasan ini cukup kesulitan untuk melihat gerhana bulan, berbanding terbalik dengan gerhana matahari. Gerhana bulan hanya dapat dinikmati di beberapa negara di kawasan Afrika Timur Kawasan Amerika Hampir sama dengan benua Australia, yaitu tidak dapat melihat gerhana secara serentak di seluruh wilayah.

D. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan? Naiknya permukaan air laut Gerhana bulan dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat gravitasi bulan. Jika gerhana bulan total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras

Penurunan suhu udara Gerhana bulan dapat menyebabkan penurunan temperatur namun tidak begitu signifikan seperti gerhana matahari. Apa yang dapat kelompokmu simpulkan dari kegiatan tersebut?

Buatlah laporan hasil kegiatan tersebut yang mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan. Gunakan kertas HVS! Judul :

Peristiwa Gerhana Bulan Tujuan : Mengetahui dan memahami proses terjadinya peristiwa Gerhana Bulan

Alat & Bahan : Senter, Bola sepak, bola tenis Langkah kegiatan :

Pembagian tugas anggota kelompok Orang memegang senter Orang memegang bola sepak

Orang memegang bola tenis Orang sebagai pengamat dan pencatat Lakukan dalam ruang gelap atau minim cahaya

Posisikan Senter, bola sepak dan bola tenis dalam satu garis lurus. Bola sepak ada di antara senter dan bola tenis. Nyalakan senter. Lalu pengamat melakukan pengamatan dan melakukan pencatatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya. Hasil Kegiatan : Bagian sisi dari Bola sepak yang tidak terkena senter menjadi gelap, dan bola tenis yang ada di belakang Bola sepak juga menjadi gelap, hal ini karena bola tenis terkena bayangan dari bola sepak yang disinari oleh senter.

Kesimpulan : Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Perhatikan peta pikiran di atas.

Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis. Bumi melakukan gerak rotasi bumi dan gerak revolusi bumi. Gerak rotasi bumi adalah gerak bumi berputar pada porosnya. Sedangkan gerak revolusi bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari. Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam.

Sedangkan Gerak bumi mengelilingi matahari menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerak revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya gerhana bulan, ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus, dimana bumi berada di antara matahari dan bulan. Gerak revolusi juga menyebabkan gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus, dimana bulan berada di antara matahari dan bumi. Revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya pergantian/perbedaan musim. Bumi memiliki satelit, yaitu bulan.

Bulan sendiri mengalami pergerakan, yaitu gerakan berputar pada porosnya yang disebut gerak rotasi bulan, serta gerak revolusi bulan. Gerak revolusi bulan terbagi menjadi dua, yaitu gerak bulan mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari Bulan berputar pada porosnya.

Jangka waktu rotasi Bulan sama dengan jangka waktu Bulan mengelilingi bumi, menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi selalu sama. Revolusi bulan adalah gerakan bulan mengelilingi bumi. Fase fase bulan merupakan akibat dari revolusi bulan.

Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari. Bulan ikut mengelilingi matahari karena bulan merupakan satelit bumi. Jangka waktu bulan mengelilingi matahari sama dengan jangka waktu bumi mengelilingi matahari.

Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali bulan bergerak mengelilingi bumi. Menyebabkan adanya 12 bulan dalam 1 tahun di dalam kalender. Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.