July 5, 2022

Databazaarmedia.com

Blog Media Info Terkini

12 Rekomendasi Aplikasi Chat Antar Karyawan Terbaik

Dalam suatu perusahaan, komunikasi menjadi hal yang penting dilakukan agar perusahaan berjalan dengan baik. Untuk itu, diperlukan suatu aplikasi chat antar karyawan yang memungkinkan antar divisi atau karyawan melakukan komunikasi untuk melaporkan suatu laporan dan lain sebagainya.

Chatting menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi antar karyawan. Dengan demikian, bekerja dikantor atau Work From Home (WFH) pun bukan menjadi halangan bagi tiap karyawan untuk tetap saling terhubung.

Aplikasi Chat Antar Karyawan

Perlu diketahui, ada banyak aplikasi chat antar karyawan yang mendukung karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain, berikut diantaranya:

  • Google Hangout Chat

Google hangout chat merupakan aplikasi chat pertama yang bisa digunakan antar karyawan perusahaan. Aplikasi ini dapat membantu kegiatan operasional perusahaan dengan integrasi mendalam dan serangkaian produk Google seperti google drive, google calendar, google spreadsheet dan lain sebagainya. Namun, jika karyawan ingin melakukan video conference maka pengguna akan diarahkan ke Google Meet secara otomatis.

  1. Microsoft Team

Microsoft team merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat terhubung langsung dengan software ternama yaitu Microsoft. aplikasi chat antar karyawan ini berfokus pada kolaborasi real time. Dimana keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur obrolan, rapat, catatan dan lain sebagainya yang dapat langsung terhubung dengan program Microsoft.

  • Slack

Slack merupakan aplikasi chat antar karyawan yang cukup komprehensif untuk berbagai bisnis dari banyak skala. Aplikasi ini mendukung obrolan antar karyawan dan dalam grup. Slack hadir dengan pangilan audio baik untuk individu maupun untuk video conference. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur berbagai proyek, tim dan berbagai item lainnya menggunakan hastag dan berbagai file melalui Google Drive dan Dropbox hanya dengan cara drag and drop di kolom chat. Sehingga semua file dan obrolan dalam aplikasi ini dapat disinkronkan, diarsipkan dan dapat dicari sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • Flowdock

Flowdock merupakan aplikasi chat yang dapat digunakan antar karyawan untuk membantu sebuah tim berkolaborasi dan menjaga komunikasi di satu tempat. Fitur yang ditawarkan di aplikasi ini sama dengan slack, bedanya di aplikasi ini terdapat fitur inbox yang dapat menyimpan dan mengatur email dan pesan terkait manajemen proyek yang berasal dari berbagai sumber lainnya. Aplikasi ini dapat diakses melalui desktop dan smartphone. Selain itu, aplikasi ini terdapat pemberitahuan push di berbagai platform dan perangkat sehingga tidak ada yang melewatkan permintaan obrolan penting, email dan pesan lainnya.

  • Ryver

Ryver merupakan aplikasi chat yang mengintegrasikan fungsional chat dengan manajemen tugas. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat posting sehingga dapat mengelola ide dan tugas baru dengan baik. Dapat dikatakan aplikasi ini merupakan perpaduan aplikasi chat dan software manajemen tugas. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini pengguna akan dikenakan biaya berlangganan sebesar $149 per bulannya untuk setiap perusahaan.

  • Facebook Workspace

Mungkin sebagian orang sudah kenal dengan jejaring sosial facebook. Namun, apakah semuanya mengetahui aplikasi Facebook Workspace? Aplikasi Facebook workspace merupakan aplikasi chat yang cocok digunakan dalam perusahaan. Aplikasi ini dirancang khusus untuk bisnis dimana fitur chatnya dapat mendukung panggilan audio, screen sharing, video conference dengan peserta sebanyak 50 orang. Menariknya, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melakukan live streaming. Aplikasi facebook workspace dapat diunduh melalui smartphone. Hanya saja untuk menggunakannya pengguna harus berlangganan bulanan sebesar $1 hingga $3 per bulannya.

  • Chatwork

Chatwork merupakan jejaring sosial yang dibuat khusus untuk bisnis. Aplikasi ini cocok bagi pengguna yang bekerja dengan beberapa klien dan tim yang berbeda dari seluruh dunia. Dengan aplikasi ini, pengguna terhubung baik dengan pengguna lain dalam obrolan grup pribadi maupun public. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkansoftware manajemen tugas, video conference dan berbagai hal lainnya yang dapat mendukung kinerja penggunanya.

  • Mattermost

Mattermost merupakan aplikasi chat antar karyawan yang bersifat open source. Artinya, aplikasi ini dapat didownload dan digunakan dalam perusahaan. Aplikasi Mattermost perckapan dibagi menjadi beberpa saluran sehingga pengguna bisa memilih kerahasiaan chat yang dilakukan.

  • WhatsApp

Siapa yang tidak kenal dengan whatsaap, aplikasi ini mungkin sangat terkenal di seluruh dunia. Whatsaap merupakan aplikasi chat yang dapat digunakan untuk melakukan chatting, panggilan audio, panggilan video dan berbagai file

  • Telegram

Telegram juga merupakan aplikasi chat yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi di lingkungan perusahaan. Keunggulan dari telegram antara lain:

  • Fleksibel : Karena aplikasi ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan
  • Memiliki cloud base message : Fitur ini memungkinkan pengguna yang memiliki keterbatasan memori di smartphonenya. Dengan telegram, maka file tidak tersimpan ke smartphone kecuali jika pengguna mengunduhnya.
  • Channel : Fitur ini menyediakan pesan satu jalur komunikasi yang hanya mengirim pesan kepada pengguna telegram yang mengikuti channel penggunanya.

 

  • Line

Line juga merupakan aplikasi chat yang dapat digunakan baik untuk personal maupun dalam lingkungan bisnis. Aplikasi ini cukup menyenangkan karena memiliki warna yang cerah dan sticker yang banyak. 

  • Mekari

Aplikasi Mekari merupakan jalan pintas untuk dapat memantau perkembangan jam kerja fleksibel. Dengan menggunakan Mekari akan mempermudah pengawasan anda terhadap para karyawan. Aplikasi kasi ini dilengkapi dengan GPS dan Sensor wajah sehingga memudahkan mereka melakukan absen. Dengan aplikais ini pekerjaan anda akan sangat terbantu. Terlebih dengan jam kerja karyawan yang sangat rumit, anda dapat dipermudah dengan aplikasi ini.

Ayo segera gunakan Mekari dan dapatkan manfaatnya. Ada Gratis percobaannya lhoooo